HomeGaya HidupGagal Turunkan Berat Badan? Mungkin Anda Melakukan 7 Kesalahan Diet Ini

Gagal Turunkan Berat Badan? Mungkin Anda Melakukan 7 Kesalahan Diet Ini

Source: freepik.com

Anda mungkin membuat satu dari tujuh kesalahan ini dalam diet, menurut Dr Meg Arroll dan Louise Atkinson, penulis buku baru ‘The Shrinkology Solution’.

Tidak konsisten dalam menjalankan diet, memilih metode yang tidak sesuai dengan Anda, tidak melakukan latihan yang cukup, dan menetapkan target yang tidak realistis adalah beberapa yang menyebabkan diet anda selalu gagal.

Dr Arroll dan Ms Atkinson mengatakan menemukan diet yang tepat, tanpa harus memporsir diri setiap hari, adalah kunci untuk menurunkan berat badan.

Buku mereka bertujuan untuk membantu orang mengubah pola pikir kita semua.

Berikut ini adalah tujuh alasan diet Anda mungkin tidak akan berhasil, dikutip dari Healthista:

 

1. Anda memilih model diet yang salah 

Dalam upaya untuk menurunkan berat badan, banyak orang memilih model diet terbaru yang sedang ngetren. Padahal sebuah model diet tidak mungkin cocok untuk dijalani oleh semua orang. Dan jika model diet yang Anda pilih tidak menghasilkan perubahan, mungkin itu adalah rencana yang salah untuk Anda.

Ilmu pengetahuan sudah membuktikan, tidak ada dua orang yang sama persis, baik secara mental atau fisik. Dan pendekatan kita terhadap makanan dan gaya hidup yang dipilih bisa berbeda satu dengan yang lainnya.

Satu orang mungkin telah menjalankan kebiasaan tertentu sejak masa kanak-kanak, misal wajib memakan biskuit dengan secangkir teh atau desert setiap habis makan. Sementara yang lain mungkin sangat kekurangan makanan nikmat di waktu kecil.

Ini berarti bahwa masing-masing dari kita memiliki kombinasi unik yang berasal dari pola makan dan faktor gaya hidup yang dapat menjadi pembeda dalam memilih satu rencana diet tertentu.

Jadi keputusan seharusnya bukan ‘apa model diet yang populer?’, tapi ‘apa model diet terbaik untukku?’

 

2) Mental Anda Belum Disiapkan untuk Menjalani Diet

Psikolog Dr Meg Arroll yang turut menulis The Shrinkology Solution, mengatakan bahwa diet apa pun jauh lebih mungkin untuk berhasil jika Anda telah sampai pada titik di mana Anda benar-benar siap untuk menurunkan berat badan dan bersedia melakukan beberapa perubahan (kebiasaan) untuk mencapai tujuan.

“Rencana apa pun yang membuat Anda merasa terpaksa untuk menjalankannya, tidak akan pernah berjalan dalam jangka panjang,” katanya.

‘Jauh lebih baik untuk menyiapkan bahwa Anda siap menjalani perubahan, dan menetapkan tujuan yang realistis, dapat dicapai dan terukur.’

Studi menunjukkan bahwa ‘motivasi intrinsik’ (yang berasal dari dalam) jauh lebih mungkin untuk mencapai keberhasilan dalam menggapai tujuan. Daripada ‘motivasi ekstrinsik’ (dipicu oleh kekuatan eksternal).

 

3) Anda Berganti-ganti Model Diet Terlalu Cepat

Banyak model diet populer hanya akan memberikan saran pelatihan yang samar dan tidak jelas.

Jadi tidak mengherankan banyak dari kita yang berganti dari satu model diet ke diet lainnya untuk mengejar berat badan yang diinginkan.

Meninggalkan satu model diet untuk berganti langsung ke yang lain akan membuat tubuh Anda kacau.

Jadi sebelum memulai metode diet apapun, pastikan anda bisa menjalankannya dalam jangka panjang. Jika tidak, atau Anda tidak dapat konsisten menjalankan satu metode diet, maka semua usaha anda akan sia-sia.

 

4) Anda Tidak Banyak Bergerak

Ada kebenaran dalam pepatah lama bahwa menurunkan berat badan adalahdengan cara ‘kurangi makan dan bergerak lebih banyak’, dan ternyata dua elemen memang benar-benar bekerja beriringan.

Penelitian tentang diet secara konsisten menunjukkan bahwa mengadopsi olahraga ke dalam kehidupan sehari-hari Anda adalah salah satu faktor kunci dalam mempertahankan berat badan yang stabil.

Tetapi seperempat dari semua orang dewasa berjalan kaki kurang dari 30 menit seminggu.

Benar, jalan kaki mungkin saja tidak membakar kalori yang kita inginkan, tetapi berjalan memiliki banyak manfaat yang jelas untuk kesehatan fisik dan mental. Studi menunjukkan bahwa hanya dengan sepuluh menit berjalan setiap hari, benar-benar akan membuat Anda lebih mudah untuk menggapai tujuan diet anda.

Jika Anda tidak memliki waktu luang untuk berjalan, kunci keberhasilannya adalah dengan mencoba berbagai macam aktivitas, dan memilih bentuk latihan yang tepat untuk Anda.

 

5. Anda Tidak Memperhatikan Usia Saat Ini

Segala sesuatu tentang perubahan fisik dan mental kita berubah seiring waktu. Metabolisme melambat, hormon terurai, dan kehidupan menjadi lebih kompleks.

Setelah usia 30 metabolisme turun hingga lima persen dalam sepuluh tahun, dan mulai usia 40 tahun akan mengalami penurunan yang semakin besar.

Penurunan ini sangat alami karena sel-sel di seluruh tubuh kita mulai melambat, itu juga berarti Anda akan membakar 100 kalori lebih sedikit per hari saat usia 35 dibandingkan saat usia anda 25 tahun, dan 200 kalori lebih sedikit pada usia 45 tahun.

Untuk menjaga berat badan Anda, ukuran porsi Anda harus mulai diturunkan secara proporsional, dan untuk menurunkan berat badan, Anda harus bekerja sedikit lebih keras setiap kali. Mungkin sudah waktunya untuk mencoba metode baru.

 

6. Anda Mencampur Berbagai Pola Diet

Jika Anda sudah mencoba banyak pola diet, dengan tingkat keberhasilan tertentu, Anda mungkin bisa menemukan racikan pola sendiri yang paling cocok dalam rencana penurunan berat badan.

Itu baik-baik saja jika berhasil, tetapi jika tidak ada perubahan, mungkin Anda tanpa sadar telah meracik sebuah pola yang justru menempatkan tubuh Anda ke dalam keadaan kebingungan.

Anda mungkin berpikir Anda pola diet anda sudah paling sehat, tetapi siapa tau justru bisa sangat kalorif, dan membingungkan tubuh Anda serta dapat membuat Anda ketergantungan.

Jadi sebaiknya tetap harus konsultasi ke pakarnya ya!!

 

7. Mungkin Anda Tidak Perlu Diet Sama Sekali 

Sangat mudah untuk terjebak dalam angan-angan ingin terlihat kurus dan Anda bertekad menjalani berbagai macam pola diet untuk mencapai itu.

Tapi tanyakan pada diri Anda – apakah berat badan merupakan masalah nyata bagi Anda atau bisakah Anda mengejar cita-cita yang mustahil? Bijaklah tentang apa yang Anda anggap sebagai berat ‘ideal’ Anda.

Segala sesuatu berubah seiring bertambahnya usia, baik secara mental maupun fisik. Rasanya memang sulit untuk mencapai berat badan dan bentuk tubuh yang ideal seperti Anda usia remaja atau awal dua puluhan.

Akan jauh lebih baik bila kita bertujuan untuk merasa tetap energik, bersemangat, kuat dan fleksibel, daripada menginginkan jadi kurus.

Ukuran bukanlah segalanya. Tetap semangat!!

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *